Peguyangan waterfall nusa penida

Peguyangan Waterfall nusa penida

Tips and trick berlibur ke Peguyangan waterfall nusa penida

Indonesia memiliki ragam tempat wisata alam yang sangat eksotis. Negara kepulauan ini terkenal akan pemandangan alam yang menarik untuk menjelajahinya. Berbicara soal alam nusantara yang eksotis, Anda bisa datang ke Peguyangan Waterfall Nusa Penida apabila sedang berada di Pulau Dewata.

Peguyangan Waterfall nusa penida
sumber: @josefinegranbacka


Pulau ini sungguh menawan dengan pantainya yang bersih dan cantik. Selain pantai, ternyata Nusa Penida mempunyai wisata alam yang indah yakni Peguyangan. Keindahan tempat ini dapat membuat pengunjung terpana saking eloknya.

baca juga : ” one day tour west nusa penida

Sebenarnya mata air ini telah ada sejak tahun 1995. Dahulu, mata air ini hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar. Akan tetapi, saat ini ia bisa menambah pendapatan daerah sekitar dengan adanya tarif retribusi untuk masuk ke tempat ini. Kini keberadaannya juga dikenal sebagai tempat wisata yang menakjubkan.

Persiapan yang matang untuk liburan ke  Peguyangan Waterfall Nusa Penida

Apabila Anda sedang berada di Nusa Penida, jangan lupa untuk mencoba mengunjungi tempat wisata peguyangan waterfall . Sebab, wisata ini memberikan pengalaman berbeda yang takkan terlupakan. Obyek wisata ini bukan hanya mata air biasa. Ia memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Terletak di Desa Batukandik tepatnya di Dusun Antap, Mata air Peguyangan Nusa Penida merupakan tempat wisata yang memukau. Sebenarnya, seperti apakah tempat wisata ini? Peguyangan adalah mata air yang ada di sebuah lereng perbukitan yang jauh dari laut.

Pada obyek wisata mata air ini, para pengunjung dapat berendam sekaligus menikmati indahnya lautan lepas biru serta ombak putih yang memecah karang di sekitarnya. Sementara itu, sisi sebelah kiri dan kanan perjalanan terdapat tebing-tebing tinggi yang berdiri dengan gagah. Pada bagian bawah wisata ini ada hal-hal yang harus diketahui sebelum pergi ke objek wisata menarik Peguyangan Nusa Penida.

1. Perjalanan Cukup Menantang

Air mata Peguyangan Nusa Penida memang memberikan pemandangan alam yang sungguh indah. Namun, pengunjung harus bersiap-siap perjalanan menantang yang sedikit melelahkan. Setidaknya harus menuruni sekitar anak tangga berjumlah 800 ratusan. Jalanan anak tangga yang menurun ini agak curam sehingga pengunjung harus sedikit berhati-hati.

Peguyangan waterfall nusa penida
sumber : @tooktheroadlesstravelled


Pada saat melewati anak tangga, pemandangan laut yang biru dengan hempasan ombak putih yang meraung-raung di bawahnya membuat adrenalin semakin meningkat. Meskipun cukup melelahkan, namun pemandangan yang terlihat akan sebanding dengan tenaga yang habiskan.

2. Wisata Alam dan Religius

Mata air Guyangan Nusa Penida ini tak hanya memberikan panorama alam yang cantik. Anda dan keluarga pun bisa mengunjungi tempat religius. Di sini terdapat pura Hindu yaitu di sekitar mata air. Jika telah berada di sekitar mata air, Anda akan melihat sebuah gapura tanda masuk menuju pura ini.

Terdapat 3 altar di objek wisata ini. Ketiga altar ini melambangkan ajaran Tri Murti, kepercayaan orang Hindhu di Bali. Di dekat salah satu altar yaitu altar Siwa Tirta terdapat altar Kanjeng Ratu Kidul yang sangat cantik. Orang Hindu yang datang ke tempat ini biasanya menyempatkan untuk mengucap doa untuk Sang Maha Kuasa.

Tips Saat Berada di Peguyangan Waterfall Nusa Penida

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat berada di wisata alam Mata air Guyangan Nusa Penida. Pastikan Anda menaati tips-tips ini agar liburan di Guyangan Anda tenang tanpa gangguan. Dengan begitu liburan akan berkesan dan menyenangkan.

1. Taati Aturan yang Berlaku

Ada aturan yang tak boleh dilanggar oleh para pengunjung yaitu bagi wanita yang datang bulan tidak diperkenankan mendekati mata air baik mandi/berendam. Ini merupakan aturan yang tak bisa diganggu gugat. Jika Anda sedang datang bulan, sebaiknya cari hari lainnya karena Anda takkan diizinkan untuk mendekati tempat religius ini jika sedang berhalangan.

Selain itu, lelaki dan wanita tak bisa berendam atau mandi bersama pada satu tempat. Namun, jangan khawatir Anda bisa tetap berendam di kolam terpisah. Dipisahkannya antara laki-laki dan perempuan ialah karena Peguyangan Nusa Penida  merupakan tempat religius dan sakral.

Tak hanya itu, para pengunjung yang datang agar tetap menjaga kebersihan dengan tak membuang sampah di sekitar mata air maupun pura. Bawa kembali sampah yang Anda hasilkan sehingga lingkungan area tempat wisata tetap bersih.

2. Persiapkan Tenaga

Sebelum tiba di Peguyangan Nusa Penida yang eksotis, tubuh harus cukup fit. Sebab, Anda harus menempuh perjalanan yang agak melelahkan. Perut tak boleh kosong agar Anda kuat saat menempuh perjalanan ke air mata ini.

Apalagi perjalanan pulang lebih melelahkan karena pengunjung harus menaiki ratusan tangga untuk kembali ke atas. Mata air Peguyangan Nusa Penida membutuhkan kondisi yang prima baik jasmani maupun rohani.

3. Abadikan Momen Indah Anda

Rugi rasanya jika tidak mengabadikan momen indah saat liburan di mata air Peguyangan Nusa Penida ini. Jangan lupa membawa gadget atau kamera pocket. Anda dapat berfoto bersama orang tercinta dengan latar belakang panorama Nusa Penida yang menawan. Foto atau video yang pada saat menjelajahi wisata akan menjadi kenangan manis saat berlibur di Nusa Penida.

Sebaiknya, taati segala peraturan yang berlaku di objek wisata ini. Dengan begitu, liburan akan terasa nyaman dan aman. Jika belum memahami rute menuju ke tempat ini, silakan gunakan GPS atau bertanya pada masyarakat setempat yang tinggal di sekitar objek wisata ini.  Alternatif lainnya ialah menggunakan jasa pelayanan sewa mobil kami.

Itulah hal yang harus menjadi perhatian mengenai mata air Peguyangan Nusa Penida. Pastinya Anda akan betah berendam di tempat eksotis ini. Untuk kenyamanan liburan, datanglah bersama keluarga di luar musim liburan atau akhir pekan. Selamat liburan!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *