Nusa Penida Timur – 6 Obyek Wisata Terbaik dan Cara Mengunjunginya

Nusa Penida adalah tiga pulau kecil dari Pulau Dewata Bali. Pulau ini terbagi menjadi tiga bagian pulaunya yaitu Ceningan, Lembongan dan Nusa Penida. Pada obyek wisata pulau ini juga terbagi menjadi tiga sisi yaitu barat, timur dan selatan. Bagaimanakah cara mengunjungi Nusa Penida Timur?

Dengan pembagian tujuan wisata di pulau ini, akan sedikit harus memilih sisi mana yang akan anda kunjungi nanti saat liburan.

Dari pengalaman selama melayani tour, kustomer kami terkadang suka bingung untuk memilih tour sisi barat atau sisi timur. Sering juga mereka bertanya ” Lebih bagus nusa Penida barat atau timur ?

Menurut kami dari kedua sisi obyek wisata di pulau ini masing-masing memiliki keunggulan dan juga kekurangannya. Sekarang tergantung selera anda lebih suka sisi yang sebalah mana.

Nusa Penida Timur

Sisi timur pulau ini memiliki keunikannya tersendiri. Keunikan pada obyek wisata timur ini akan memanjakan anda saat mengunjunginya.

pada bagian timur pulau ini, terdapat enam obyek wisata yang bisa anda kunjungi. Saat menjalajahinya kami merekomendasikan untuk menyiapkan stamina yang cukup prima.

Hal ini karena sebagian besar obyek wisatanya harus berjalan kaki menuruni anak tangga yang cukup menguras tenaga. Cuaca pada pulau ini juga tergolong panas, jadi siapkan pakian senyaman mungkin dan jangan lupa menggunakan tabir surya atau sunblock.

Saat mengunjunginya, perjalan anda akan mulai dari pelabuhan sanur menggunakan fastboat untuk menyeberang dari pulai Bali ke Nusa Penida. Memerlukan waktu sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam untuk bisa sampai.

6 Obyek Wisata Nusa Penida Timur yang perlu anda ketahui.

Pada penjelasan sebelumnya, kami menyebutkan bahwa obyek wisata sisi timur pulau ini memiliki sebanyak enam obyek. Semua obyek wisatanya sudah terbuka untuk umum dan wisatawan.

Lokasi dari obyeknya juga saling berdekatan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini akan memudahkan anda saat mengexplorenya.

Fasilitas pada akomodasi sisi timur terbilang sudah cukup baik. Mereka sudah memfasilitasi wisatawan dengan lahan untuk tempat parkir, toilet umum dan juga sudah banyak terdapat penginapan maupun restauran.

Berikut ini enam obyek wisatanya:

1.Pantai Diamond

Pantai berlokasi di Desa Pelilit, Kec Nusa Penida.

Untuk bisa sampai ke obyek wisata ini memerlukan waktu lebih dari 1 jam perjalanan dari pelabuhan Toye Pakeh dan sekitarnya.

Nusa Penida Timur

Beberapa hal yang perlu kalian siapkan saat mengunjungi tempat wisata ini.

Seperti air minum, kondisi tubuh yang prima, pakaian yang kedap air keringat, sunblock, uang tunai, baju ganti dan jangan lupa untuk membawa handuk.

Pada tempat wisata ini sudah terdapat warung pada wahana swingnya.

Selain itu kalian juga bisa menemukan kamar mandi untuk mengganti pakaian saat setelah selesai berenang di pantainya.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini kalian cukup membayar biaya parkir atau donasi seiklasnya.

2. Pantai Atuh

Lokasi dari pantai ini hampir sama dengan pantai diamond yaitu berada di Desa Pelilit.

Letak kedua tempat wisata ini bersebelahan. Sebelum menuju pantai Atuh, kalian akan melewati pantai Diamond terlebih dahulu.

Pantai atuh nusa penida
Sumber : instagram.com

Untuk bisa sampai ke pantai ini, kalian harus menuruni beberapa anak tangga.

Siapkan kondisi fisik yang prima, air minuman, sunblock, pakainan menyerap keringat dan keperluan pribadi lainnya.

Waktu terbaik untuk menikmati obyek wisata ini, mulai pukul 08:00 pagi sampai 04:00 sore.

3. Bukit Teletabies

Kalian senang menikmati sunrise, Bukit Teletabies manjadi salah satu tempat yang wajib jika kalian ingin menikmati sunrise di pulau Nusa Penida.

Lokasi dari obyek wisata ini berada di Desa Tangglad, Banjar Soyor.

Waktu yang kalian perlukan untuk bisa sampai pada tempat wisata ini sekitar 45 menit lebih dari pelabuhan Toye Pakeh dan pelabuhan lainnya.

Pada obyek wisata ini kalian bisa menikmati sunrisenya Nusa Penida. Selain itu, dengen mengunjungi obyek wisata ini terlebih dahulu juga bisa menghemat waktu.

4. Rumah Pohon Nusa Penida

Rumah pohon atau lebih banyak dikenal dengan sebutan Tree House Nusa Penida berlokasi di Desa Pelilit, Kec Nusa Penida.

Waktu yang kalian perlukan untuk bisa sampai ke destinasi ini sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan dari pelabuhan Toye Pakeh dan dan pelabuhan lainnya.

Tree House Nusa Penida
Sumber: instagram.com/mina_get

Untuk bisa menuju ketempat wisata ini, kalian bisa menggunakan sepeda motor maupun menyewa sebuah mobil.

Jalan menuju tempat wisata ini sudah tergolong baik, namun bagi yang baru pertama kali menggunakan kendaraan di Nusa Penida harus tetap berhati-hati.

5. Raja Lima

Raja Lima atau sering juga disebut dengan nama Thousand Island Nusa Penida berlokasi di Desa Pelilit.

Waktu yang kalian perlukan untuk bisa sampai ke obyek wisata ini sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan dari pelabuhan Toye Pakeh.

Nusa Penida Timur

Tempat wisata ini bisa kalian jangkau menggunakan sepeda motor dan mobil.

Karakter jalan hampir sama dengan tempat wisata lain di Nusa Penida.

Untuk bisa sampai ketempat wisata ini, kalian harun berjalan kaki dari lokasi parkir.

Selalu gunakan alas kaki yang nyaman, pakian yang menyerap keringat, sunblock dan kebutuhan pribadi lainnya.

6. Pantai Suwehan / Volcom

Pantai Suwehan atau sering juga wisatawan menyebutnya dengan nama pantai volcom ini berlokasi di Desa Pelilit.

Lama perjalanan dari pelabuhan Toye Pakeh memerlukan waktu sekitar 1 jam lebih.

Karakter jalan yang menuju obyek wisata tergolong cukup sulit untuk bagi kalian yang pertama kali berlibur menggunakan sepeda motor. Kami lebih menyarankan menggunakan kendaraan mobil.

Baca Juga : Sewa Mobil Nusa Penida

Untuk bisa sampai ke pantainya ini, kalian harus menuruni tebing dengan alat bantu seadanya. Siapkan kondisi fisik yang prima, air mineral, sunblock dan keperluan pribadi lainnya.

Setelah kalian mengetahui tempat wisata yang ada, selanjutnya kalian bisa menentukan rencana perjalan.

Nah kami akan bagikan  intinerrary yang terbaik yang bisa kalian pilih untuk menuju obyek wisata ini.

Memilih Itinerrary Terbaik Nusa Penida Timur

Menikmati sebuah obyek wisata tentu menyesuaikan dengan karakter dari obyek wisata itu sendiri, agar liburan kalian lebih maksimal dan tentunya lebih berkesan.

Karakter dari Nusa Penida Timur memiliki pemandangan sunrise yang cukup baik. Hal ini perlu kalian memaksimalkan  agar momen yang kalian dapat akan lebih berkesan.

Berikut ini kami merekomendasi interrary perjalan yang bisa menjadi pilihan jika kalian ingin liburan pada destinasi ini.

  • Destinasi pertama (mengunjungi Bukit Teletubies ) saat kalian liburan menuju obyek timur  Nusa Penida. Obyek wisata  pertama yang bisa kalian kunjungi adalah Bukit Teletubies. 
  • Destinasi Kedua : mengunjungi Rumah Pohon dan Raja Lima. Lokasi kedua obyek wisata ini sangat berdekatan. Sebelum menuju Pantai Diamond dan Atuh, Sebaiknya mengunjungi kedua obyek wisata ini.
  • Destinasi ketiga : mengunjungi Pantai Atuh. Pada pilihan ketiga, kalian bisa memilih antara pantai diamond ataupun pantai atuh. Lokasi kedua destinasi ini berdekatan dan memiliki karakter yang hampir sama.
  • Destinasi keempat : mengunjungi Pantai Diamond. Saat setelah selesai menikmati pantai Atuh, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai Diamond.

Tour Nusa Penida Timur

Setelah kalian mengetahui obyek wisata dan itinerrary terbaik, selanjutnya kalian bisa menentukan cara  yang kalian gunakan untuk bisa sampai ke obyek  wisata Nusa Penida Timur.

Dengan obyek wisata yang menarik dan indah di Nusa Penida, kalian tentu ingin mengunjungi obyek wisata yang ada di pulau ini.

Baca Juga : Tour Nusa Penida Timur

Kalian masih bingung untuk bisa tour ke obyek wisata yang ada dengan cara terbaik?

Ada 3  cara terbaik yang bisa menjadi pilihan  untuk bisa tour ke Nusa Penida bagian timur .

1. Solo backpaker dengan motor

Bagi kalian yang lebih menyukai tantangan atau solo backpaker. Cara ini bisa kalian pilih. Di pulau Nusa Penida sudah banyak yang menyediakan penyewaan sepeda motor bagi yang ingin mencobanya.Tapi bagi yang baru pertama kali liburan, sebaiknya tidak memilih cara ini.

2. Menyewa Sebuah Mobil

Sewa mobil nusa penida
Tips kedua yang bisa kalian pilih yaitu menyewa sebuah mobil di Nusa Penida. 
Cara ini akan lebih menghemat biaya liburan dan tetap bisa menikmati indah pulau ini dan kenyamanan yang bisa kalian dapat.

kekurangan dari tips ini, kalian harus mempersiapkan mulai dari tiket fast boat, transportasi dari hotel ke pelabuhan. Apabila kalian merencakan dengan cara ini, langsung saja menuju sewa mobil nusa penida dan dapat harga termurah dari kami.

3. Paket Tour Wisata

Cara ketiga ini adalah cara yang paling praktis yang bisa kalian pilih, yaitu menggunakan jasa tour anda travel. Paket wisata ke timur Nusa Penida sudah banyak tersedia.

Semua keperluan mulai dari tiket fast boat, transportasi, tempat makan, guide dan kebutuhan lainya selama liburan di Nusa Penida akan kalian dapatkan.

keuntungan memilih tips ini, kalian tidak lagi perlu memesan tiket fastboat sendiri, sudah terdapat layanan antar jemput, waktu liburan sudah diatur oleh operator tour, dan include guide.

Kalian hanya perlu menyiapkan kebutuhan pribadi dan uang tunai untuk berjaga-jaga selama liburan di Nusa Penida.

Penginapan di Nusa Penida Timur

Bagi kalian yang memilih liburan di Nusa Penida selama beberapa hari. Tentunya merencanakan untuk menginap di pulau ini.

Nah berikut ini adalah beberapa tempat menginap di Nusa Penida Timur agar akses kalian menuju obyek wisata timur lebih dekat. 

1. Lempeh Jungle Cottage and restaurant

Lempeh Jungle Cottage and restaurant

Kalian bisa mencoba untuk menginap Lempeh Jungle Cottage and restaurant. Menginap dengan suasana rumah joglo yang langsung menyatu dengan alam.

Lokasi berdekatan dengan Pantai Diamond, Atuh dan Rumah Pohon. Hanya memerlukan waktu kurang dari 15 menit untuk bisa sampai disana.

2. Kapaon Gari Inn

Menginap dengan suasana penginapan seperti rumah klasik jawa kuno. Kalian bisa mencoba menginap di Kapaon Gari Inn.

Lokasinya berdekatan dengan Pantai Diamond, Atuh dan Rumah Pohon. Kalian akan bisa menikmati destinasi yang ada di timur lebih maksimal lagi.

3. Diamond Beach Bungalow

Tempat menginap yang tenang dan sepi, kalian bisa mencoba menginap di Diamond Beach Bungalow. Lokasi penginapan ini di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung.

Diamond Beach Bungalow

Lokasinya tempat menginap ini berdekatan dengan obyek wisata pantai Diamond, Atuh, Raja Lima dan Tree House. Kalian akan memiliki waktu yang cukup mengeksplor bagian timur pulau Nusa Penida.

4. Tropical Glamping Bali

Salah satu tempat menginap terbaik di Timur Nusa Penida adalah Tropical Glamping Bali. Suasana menginap dengan pemandangan laut dan penempatan latar yang indah.

Tropical Glamping Bali

Lokasi dari penginapan ini dari destinasi timur, hanya memerlukan waktu 15 menti untuk bisa sampai ke pantai Diamond, Atuh dan yang lainnya.

Rumah Makan Nusa Penida Timur

Salah satu sarana pendukung saat kalian mengunjungi Nusa Penida adalan Rumah makan atau restaurant.

Di pulau ini sudah terdapat beberapa restaurant atau rumah makan yang bisa kalian pilih.

Berikut ini Rumah Makan atau Restaurant yang bisa kalian pilih saat liburan di Timur Nusa Penida:

1. Bintang Resto

Salah satu rumah makan yang bisa kalian pilih saat mengunjungi destinasi timur adalah Bintang Resto.

Rumah makan ini menyedia masakan indonesia seperti Nasi Goreng, Mie goreng, Ayam Goreng dan yang lainnya.

Selain itu, rumah makan ini juga tersedia menu untuk tamu asing seperti burger, salada dan spageti.

Lokasi nya berada di  Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung. Sebelum menuju pantai diamond, kalian akan melewati rumah makan ini.

2. Warung Kubu

Rumah makan yang berlokas di Pejukutan, Kabupaten Klungkung ini sudah banyak di kenal oleh wisatawan.

Kalian tidak perlu ragu untuk datang ke tempat ini. Menu masakan yang tersedia  juga beragam. Mulai dari masakan lokal, sampai masakan barat.

Selain itu lokasinya juga sangat dengat dengan destinasi yang ada.

Spread the love
  •  
  •  
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan